Destinasi Wisata

PANTAI PARANGTRITIS
Pantai Paling Terkenal di Yogyakarta

Jl. Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188, Indonesia



          Tujuan pertama telah usai, perjalanan terus berlanjut. Setelah berkunjung ke AMIKOM Yogyakarta kita melanjutkan ke tujuan kedua yaitu Pantai Parangtritis Yogyakarta. 
 
        Pantai Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk. Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Pantai Parangtritis adalah tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset sambil having fun menaklukkan gundukan pasir dengan ATV (All-terrain Vechile) ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja.

        Pantai Parangtritis berada di pesisir selatan Kota Yogyakarta ini termasuk destinasi Wisata di Bantul yang terkenal sampai mancanegara. dikarenakan lokasi pantainya yang cukup strategis, dan tidak terlalu jauh dari kota inilah membuat parangtritis lebih banyak pengunjung dibanding pantai lainnya. hanya dengan waktu kira-kira satu jam dari kota, travellers bisa sampai di sana menikmati pemandangannya. Lebih dari itu, apa sih yang menarik dari parangtritis? Sudah tau sejarah Pantai Parangtritis Yogyakarta?
Banyak sekali cerita sejarah maupun cerita mitos yang berkembang dibalik nama Parangtritis. Seakan-akan menyimpan seribu cerita yang menarik untuk diketahui sekaligus dinikmati panoramanya.  Sudah banyak yang tau kan kalo Pantai Parangtritis diyakini menjadi bagian dari perwujudan kestuan trimurti untuk Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, Pantai Parangtritis juga diyakini dengan kemistisannya. Yakni dengan adanya kepercayaan tentang Pantai Parangtritis adalah pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan yang merupakan bagian dari daerah kekuasaan Ratu Selatan yang dipimpin oleh Nyai Roro Kidul. Adapula mitos yang sangat diyakini oleh masyarakat sekitar yakni cerita  tentang Nyai Roro Kidul yang amat menyukai benda-benda yang berwarna hijau. Sehingga berlakulah saran yang mengacu pada larangan memakai pakaian atau benda-benda yang berwarna hijau saat berada di sana.
Terlepas dari semua mitos yang ada, pengunjung juga harus tetap berhati-hati karena ombak yang cukup dibilang sangat besar.  Maka dari itu, pengunjung pantai dilarang untuk mandi di pantai. Karena landscape pantai memang sangat curam dan berbahaya.
Di Parangtritis juga tersedia ATV yang dapat disewa dengan harga sekitar Rp.50.000,00 - Rp.100.000,00. Kuda dan kereta kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat cukup dengan Rp.20.000,00. Selain itu, Parangtritis juga merupakan tempat yang pas untuk olahraga udara. Dengan tiket masuk sebesar Rp.5.000,00/orang.

Di Pantai Parangtritis kita hanya diberi kesempatan waktu 2,5 jam ( 14.30 - 17.00 WIB ) untuk menikmati keindahan pantai di sore hari. Setibanya disana, tak sedikit dari kita langsung berlarian untuk mengambil gambar dipantai parangtritis. Dengan berbagai gaya, kita nikmati kesempatan itu dengan hati gembira. Dengan kegembiraan itu, tak terasa hari mulai petang. Kita pun kembali melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya yaitu Numani Resto.
 AlamatJl. Parangtritis Km. 7, Panggungharjo, Sewon, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188. Di sana, kita berhenti sejenak untuk makan malam dan menunaikan ibadah sholat maghrib.




0 komentar:

Posting Komentar

Rifdah Nur Aqilah's Frame

Diberdayakan oleh Blogger.

All About Me

Happy Cute Box Bear

Pengikut